Download! Download Theme Gratis Wordpress Responsive!

TIPS BERSEPEDA DITANJAKAN

salam gowes….
pada kesempatan ini saya mau membahas tips bersepeda ditanjakan, mungkin sebagian dari anda sudah mengetahuinya, namun ada juga yang belu. nah saya akan uraikan apa saja yang harus anda perhatikan saat berkendara ditanjakan, karena jika tidak mengetahui tekniknya mungkin anda akan cepat kelelahan dan kemungkinan terburuk bisa mengalami kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. seperti cedera otot dan lain-lainya.
ok tanpa panjang lebar saya akan berikan tips bersepeda ditanjakan.

1.saat anda akan melalui tanjakan jangan terlalu berambisi untuk melauinya, santailah dan atur nafas terlebih dahulu, tetap optimis bahwa anda bisa melaluinya. alihkan pandangan anda kebawah sesekali, jangan terlalu fokus kedepan. jika anda bersepeda dengan rombongan banyak usahan posisi anda ditengah-tengah atau belakang, agar tidak terlalu banyak tertepa angin dari depan. tapi jika anda seorang yang sudah pro dan ahli dalam tanjakan abaikan tips nomor 1. kayuhlah sekuat yang anda bisa. hehehehe….

2.aturlah gigi sesuai kemampuan anda/ yang menurut anda paling ringan dikayuh. sesuaikan kecepatan dan kayuhan dengan mengatur gigi depan dan belakang. tetapi jangan terlalu ringan. contoh gigi depan anda taruh paling bawah dan gigi belakang anda taruh pada gigi 4-5 itu sudah cukup untuk melampui tanjakan yang tinggi. untuk tanjakan tanjakan berikutnya tinggal anda atur gigi belakang dari 1-9 sesuai kekuatan anda.

3. saat anda sudah berada ditengan tengah tanjakan usahakan condongkan badan kedepan, dan pinggul/pantan berada diujung saddle. ini berguna sekali untuk meninimalisir roda depan terangkat yang kemungkinan bisa mengakibatkan anda terjatuh. selain itu dengan menyondongkan badan kedepan sedikit mempengaruhi keringanan kayuhan anda. karena beban sepeda tidak tertumpu pada roda belakang, melainkan ditengah tengah.

4. selanjudnya kayuhlah sepeda anda secara berirama, jangan sesekali menghentakkan pedal karena bisa mengakibatkan enerki banyak terkuras. intinya pelan tapi pasti. dan sampai pada ujung tanjakan.

5. jika nafas anda sudah terengah-engah aturlah nafas dengan menghirup dari mulut dan mengeluarkan dari hidung. dan bisa sesekali minum, tapi ingat jangan terlalu banyak minum. ada filosofi untuk para goweser yaitu minumlah sebelum haus betul. jadi sebelum haus anda bisa minum tapi sedikit saja.

6. saat tanjakan masih lama dan nampak jauh dan dipikiran saudara sudah pesimis dan tidak sanggup lagi, maka istirahatlah. jangan terlalu memaksakan kehendak/ego. karena jika anda terlalu memaksa bisa berakibat cidera/bahkan pingsan karena kehabisan oksigen. coba anda istirahat, duduk santai, atur nafas, sambilo minum, jika sudah dirasa anda sanggup maka lanjudkan.

7. ini bagian yang sangat penting menurut saya saat anda akan bersepeda ditanjakan. yaitu ‘JANGAN TERLALU BANYAK BEGADANG’. kenapa? karena saat begadang energi kita banyak terkuras dan paginya kita loyo sehingga mempengaruhi daya tubuh kita selain itu untuk anda yang sudah beristri, jika mau bersepeda ditanjakan jangan MAIN KUDA KUDAAN DULU. hehehehehe….. apa ya bahasanya yang cocok. pokoknya jangan berhubungan suami istri. karena jika anda melakukannya maka energi anda juga banyak terkuras dan besoknya loyo.

mungkin itu tips bersepeda ditanjakan dari saya, semoga tips ini bisa bermanfaat undu anda semua….
aminn….sepeda nanjak

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *